Guru Pembelajar

Guru Pembelajar, Moda Daring, Sigelar, TPP

Guru pembelajar,

I. Pendahuluan
Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut. Guru perlu untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).

Dengan penggunaan moda daring ini, diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses sumber belajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya). Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi.

GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor. Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi admin dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program GP moda daring. Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.

II. Laman Utama
Laman utama merupakan laman yang pertama kali dilihat pada saat suatu situs dikunjungi, dimana pada laman utama ini terdapat informasi-informasi yang dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi/membuka laman utama tersebut. Laman utama ini dapat diakses menggunakan web browser seperti Microsoft Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox (Mozilla), Google Chrome (Chrome), Opera, Safari, dan lain sebagainya.

IV. Memulai Kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring
Pengguna (user) dari Guru Pembelajar Moda Daring ini dikelompokan dalam beberapa jenis pengguna dengan hak yang berbeda. Pengguna sebagai peserta (Guru), pengguna sebagai mentor, pengguna sebagai pengampu (Widyaiswara dan/atau Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP). Yang mana ditunjuk oleh instansi pelaksana yang bertugas sebagai fasilitator di dalam pembelajaran Daring) dan pengguna sebagai administrator Learning Managament System (LMS) diberikan kode khusus untuk dapat mengakses laman ini.

Kode ini lebih dikenal dengan sebutan “username” atau nama pengguna. Nama pengguna diberikan oleh pengelola Guru Pembelajar Moda Daring, dalam hal ini dikenal dengan administrator (admin). Pemberian nama pengguna tersebut bersamaan dengan kata kunci atau dikenal dengan “password”. Kedua kode ini dimasukan di dalam kotak masuk atau “Log in”. Berikut dijelaskan bagaimana memulai
kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring.

Buku Manual Admin