Inpassing

Inpassing

Cara Cek SK Inpassing Guru Non PNS 2016

Rekan-rekan guru yang berbahagia, berikut ini informasi bagaimana cara mengecek SK Inpassing guru non PNS 2016. Untuk itu anda harus mencari situs resmi yakni website Kemendikbud pada bagian sdm.kemdikbud.go.id.

Informasi tentang pemberian kesetaraan jabatan dan pangkat bagi guru non PNS pada tahun 2016 khusus untuk jenjang pendidikan dasar yaitu TK, SD SMP dan SMA/SMK, untuk sementara- dan hal ini juga hanya berlaku bagi rekan guru non PNS yang belum memeiliki SK inpassing namun ingin mengetahui proses pemberian Surat Keputusan (SK) inpassing secara online.

Rekan-rekan hendaknya mengunjungi laman dibawah ini untuk Cara Cek SK Inpassing Guru Non PNS 2016 disini : http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/ropeg-info/index.php?menu=1&submn=3.

Untuk petugas tunjangan, dalam rangka verifikasi inpassing, dapat mengisi Formulir Verifikasi dan hadir besok, Kamis, 25 Agustus 2016 pukul 09.00 WIB untuk nantinya disampaikan ke Biro Kepegawaian pada Rakor Tunjangan Dikmen, Senin, 29 Agustus 2016 di Hotel Sahid Surabaya.

Setelah berada di website tersebut maka langkah cara cek proses SK Inpassing bagi guru non PNS selanjutnya adalah dengan Ketik NUPTK dan Nama Guru pada kolom yang tersedia lalu klik Periksa, selanjunya akan muncul hasil pencarian. Apabila data tidak ditemukan, ada kemungkinan :

  1. SK inpassing tidak terdaftar di Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, yang artinya SK inpassing itu tidak benar diterbitkan oleh Biro Kepegawaian.
  2. SK inpassing belum dimasukkan oleh Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Dalam waktu dekat akan segera divalidasi oleh tim Biro Kepegawaian, sehingga muncul di data pencarian.
  3. NUPTK yang dimasukkan salah/tidak sesuai dengan pengajuan Inpassing. Misal : 1 (satu) orang guru mempunya 2 (dua) NUPTK. Yang dipakai untuk pengajuan adalah NUPTK yang satunya, sedangkan yang dipakai untuk mencari adalah NUPTK yang satunya lagi.
  4. Nama tidak sesuai dengan pengajuan. Misal : ejaan nama tidak sesuai, atau mengandung simbol, spasi dan lain – lain yang menyebabkan data tidak terdeteksi singkron dengan NUPTK.
  5. Masalah lain yang memang menjadi kewenangan intern Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasioanl. Misal : sedang dilacak No SK, sehingga tidak berani mempublikasikan di hasil pencarian.

Inpassing merupakan penetapan jabatan fungsional guru bukan PNS. Inpassing bukan sebatas untuk memberikan Tunjangan Profesi Guru, tetapi untuk menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

inpassing2

Syarat Pengajuan Inpassing  (masih belum ada informasi untuk pengajuan baru)

Bagi Bapak Ibu Guru yang bukan PNS atau non PNS, berikut info mengenai syarat pengajuan Inpassing Guru yang bukan PNS. Inpassing Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil adalah proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

Inpassing Jabatan Fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dan Angka Kreditnya ditetapkan berdasarkan dua hal, yaitu :

  1. Kualifikasi akademik.
  2. Masa kerja, dihitung mulai dari pengangkatan atau penugasan sebagai Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil pada satuan pendidikan.

Penetapan jabatan fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dan angka kreditnya, bukan sebatas untuk memberikan tunjangan profesi bagi mereka, namun lebih jauh adalah untuk menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku sekaligus demi tertib administrasi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil. yang dapat ditetapkan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya.

inpassing

Syarat-syarat

Berikut beberapa syarat kriteria pengajuan inppasing guru non PNS antara lain :

  1. Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-IV (syarat kualifikasi tdk berlaku bagi yang sudah lulus sertifikasi);
  2. Guru tetap pada satuan pendidikan formal.
  3. Masa kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus menerus pada 1 (satu) satuan pendidikan pada tanggal 30 Desember 2007,   dan masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru sampai saat ini, artinya guru tersebut mulai menjadi guru minimal sejak tanggal 31 Desember 2005
  4. Usia setinggi-tingginya 59 tahun pada saat diusulkan.
  5. Memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang dapat dicek kevalidan NUPTK di alamat http://gtk.data.kemdikbud.go.id
  6. Memiliki beban kerja minimal 24 jam tatap muka per minggu dengan ketentuan : minimal 6 jam tatap muka pada satminkal.
  7. Melampirkan syarat-syarat administratif

Syarat-syarat administratif pengajuan SK Inpassing guru non bukan pns tahun 2016 antara lain :

  1. Salinan atau fotokopi sah surat keputusan tentang pengangkatan atau penugasan sebagai guru tetap yang ditandatangani oleh yayasan/penyelenggara satuan pendidikan yang mempunyai izin operasional tempat satuan administrasi pangkal (satmingkal) guru yang bersangkutan.
  2. Salinan atau fotokopi ijazah terakhir yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku (Perguruan Tinggi/Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menerbitkan ijasah dimaksud).

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga memberi manfaat yang sebesar-besarnya.

Tinggalkan Balasan