VerVal PTK/GTK

NUPTK, PTK, Verval GTK

Selamat siang, selamat beristirahat siang.

Karena informasi yang belum jelas berkaitan dengan penerbitan NUPTK Tahun 2016 ini, disebabkan tidak adanya surat resmi, diklat, bimtek, workshop, atau lain sebagainya, maka dengan ini kami memberikan alur pendataan NUPTK tahun 2016.

Berikut gambar alur persetujuan Pengajuan NUPTK, sebagai dasar PDSPK menyetujui penerbitan NUPTK.

Dari gambar di atas, dapat dijelaskan :

  1. GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) mencari informasi kepada operator sekolah, agar dicek di alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id yang kemudian kita singkat dengan vervalptk agar penyebutan tidak telalu panjang. Alamat ini merupakan satu – satunya sarana pengajuan NUPTK. Tidak ada alamat lain, cara lain, aplikasi lain dalam mengajukan NUPTK 2016.
  2. Setelah itu dicek, apakah Nama pemohon NUPTK sudah masuk dalam usulan atau belum di vervalptk.
  3. Kalau nama pemohon NUPTK sudah masuk dalam aplikasi/alamat vervalptk, dapat diberkasi sesuai dengan peraturan yang tertera di gtk.data.kemdikbud.go.id. Dapat dimulai sesuai dengan tanggal terbit postingan ini (06 Desember 2016)
  4. Kalau nama pemohon NUPTK belum masuk dalam aplikasi/alamat vervalptk atau Dapodik, operator sekolah harus mengajukan format penambahan PTK (download disini), kemudian kirim ke email yang tertera dalam format penambahan PTK tersebut. Dan tunggu paling cepat 3×24 jam sampai nama muncul di Dapodik atau vervalptk. Kalau nama sudah muncul di vervalptk lakukan langkah nomor 3.
  5. Setelah nama pemohon NUPTK keluar di vervalptk, operator mengajukan nama tersebut ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung sesuai dengan format (download  disini)
  6. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung akan merekap dan menganalisis berdasarkan 3 (tiga) hal, yaitu (a) SIM Rasio kebutuhan guru, disini akan dilihat kuota penerbitan NUPTK. Apabila di sekolah tersebut tidak ada kuota, maka sekolah tersebut tidak akan ada yang bisa menerima NUPTK, walaupun sudah memenuhi syarat dan meng-upload berkas. (b) Vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Aplikasi/alamat ini adalah dasar pengecekan nama pemohon. Apakah sudah diajukan oleh operator sekolah atau belum. Apabila nama pemohon tidak tercantu,, maka tidak akan didapat disetujui pengajuannya (yang sebelumnya diajukan melalui format Microsoft Excel). (c) Alamat gtk.data.kemdikbud.go.id. Alamat ini adalah dasar peraturan berkas apakah berkas yang upload ke server PDSPK memenuhi syarat atau tidak.

Berikut nominatif pendataan GTK yang belum mempunya NUPTK (download disini rilis 13-12-2016  11:40). Tekan F5 untuk refres sebelum download. Agar data baru bisa masuk.

Catatan untuk nominatif pendataan GTK :

  1. Format itu bukan merupakan daftar tetap penerima nuptk, ini masih pendataan.
  2. Format ini masih format pendataan secara global kabupaten tulungagung yang belum memiliki nuptk
  3. Format ini masih akan dicek dengan aplikasi vervalptk.data.kemdikbud.go.id, gtk.data.kemdikbud.go.id, dan sim rasio kebutuhan guru sebagai dasar persetujuan pengajuan nuptk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tulungagung. Di sim rasio akan nampak kuota setiap sekolah yang bisa disetujui pengajuannya.
  4. Misal di sim rasio kuota ada 5 orang, di vervalptk ada 10 orang, maka yang dapat disetujui pengajuannya oleh dinas pendidikan adalah 5 orang saja. Hal ini karena kuota nuptk kebutuhan guru di sekolah tersebut ditentukan oleh sim rasio.
  5. Kirim ulang perbaikan data blok merah ke email rano.yuwitoro84@gmail.com, paling lambat jumat, 09 desember 2016

Demikian prosedur pengajuan NUPTK. Penerbitan NUPTK adalah kewenangan PDSPK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Semoga kita selalu mampu untuk mematuhi segala peraturan yang ada, agar tercipta keamanan, kevalidan, dan kerapihan data untuk menghindari segala permasalahan di masa yang akan datang

Untuk Pengawas SD (dasar suratNominatif 1, Nominatif 3, Nominatif 4, Nominatif 5)