Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)

Dapodik, PMP

Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Sistem Penjaminan Mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Untuk menambahkan Responden Komite sekolah dan Pengawas, dapat memakai format Penambahan Responden. Silakan download pada link berikut : http://pmptk.info/wp-content/uploads/2017/08/formulir-tambah-responden.xlsx (tidak perlu berkas). Adapun syarat untuk bantuan tambah responden oleh Dinas Pendidikan adalah :

  1. Kirim email format tambah responden pada link di atas ke email : rano.yuwitoro84@gmail.com
  2. Laptop operator Dapodik Sekolah harus posisi online dan tidak boleh terputus koneksinya
  3. Operator Dapodik akan dihubungi oleh Operator PMP Dinas Pendidikan.

Adanya dukungan dan fasilitasi institusi-institusi tersebut dalam penerapan sistem penjaminan mutu eksternal sesuai tugas dan kewenangannya akan memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah ini merupakan perbaikan dari pedoman umum yang telah disusun sebelumnya, bagi semua pihak terkait dalam penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP) sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing. Untuk itu semua pihak diharapkan dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dalam mewujudkan pelayanan pendidikan bermutu guna mendorong peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Tambahan :

  1. Tutorial input kuesioner secara bersamaan dapat didownload di sini

Jakarta, Januari 2017
Direktur Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah

Hamid Muhammad, Ph.D.
NIP 195905121983111001