Penambahan PTK Baru

Dapodik, NUPTK, PTK

Penambahan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) baru atau jam tambahan di sekolah Non Induk

          Pada aplikasi sebelumnya, penambahan PTK dapat dilakukan secara langsung oleh operator Dapodik Sekolah. Namun, pada aplikasi Dapodik 2016 ini, penambahan PTK harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota.

         Penambahan PTK ini ditujukan untuk guru yang belum pernah ada di dalam dapodik. Artinya, PTK tersebut merupakan benar – benar baru bekerja pada lembaga sekolah. Selain itu, penambahan PTK yang menambah jam di sekolah non induk juga menjadi tugas dari Dapodik Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota.

          Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung, penambahan PTK berada di Seksi PMPTK Bidang Ketenagaan. Adapun petugas yang menangani adalah Sdr. RANO YUWITORO, dengan kontak person +62 838 4609 2224 / +62 812 3151 6646 sebagai sarana tanya jawabnya.

Adapun berkas yang wajib dikumpulkan adalah :

  1. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah (Jenjang SMP), Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kecamatan (Jenjang TK dan SD),
  2. Cetakan / Print Out (Nominatif) Tambah PTK, silakan download di sini, ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
  5. Fotocopy SK Ketua Yayasan pertama sampai terakhir
  6. Fotocopy SK Pembagian Mengajar (khusus guru)
  7. Fotocopy Ijasah pertama sampai terakhir.

Dikumpulkan dalam rangkap 1 (satu) untuk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung, rangkap 1 (satu) untuk sekolah atau guru yang bersangkutan. Dikumpulkan secara fleksibel, sesuai dengan kebutuhan PTK tersebut. Pengumpulan berkas, dilampiri softcopy nominatifnya dalam bentuk flashdisk atau CD.

 

Penambahan PTK Menambah Jam di sekolah lain (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) pernah diinputkan di Dapodik.

PTK yang pernah diinputkan di Dapodik adalah PTK yang sudah tercantum di Dapodik. Bukan PTK yang baru bekerja. Hal ini disebut dengan mutasi. Artinya, pindah dari lembaga sekolah / unit kerja lama ke lembaga sekolah / unit kerja baru. Caranya :

  1. Keluarkan PTK dari Dapodik sekolah lama, kemudian singkron. Ini dilakukan oleh operator Dapodik lembaga sekolah / unit kerja lama
  2. Operator Dapodik sekolah baru login ke http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, pilih login Operator Sekolah, kemudian Tarik PTK.
  3. Konfirmasi Tarik PTK.
  4. Hubungi kontak person petugas Tambah PTK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung, +6283 846 092 224. Kirimkan pesan melalui Whatsapp, nama PTK yang ditarik dan sekolah tujuan.
  5. Selesai